Selasa, 26 Mei 2015

Keragaman Individu


KERAGAMAN INDIVIDU
(Individual Differences)

A.    Perbedaan Individu
Anak berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan individu seorang anak terjadi pada setiap aspek perkembangan anak itu. Seperti aspek perkembangan fisik, dilihat dari perbedaan bentuk, berat, dan tinggi badan atau diidentifikasi dari segi kesehatan anak. Aspek intelektual, sejalan dengan tahapan usia, kemampuan anak pun meningkat. Aspek moral, menurut piaget, moralitas berkembang pada 2 tahapp utama yaitu, moralitas dan moralitas kerjasama sedangkan Kohlberg ada 3 tingkatan alas an moral, yaitu pra-conventional morality, convensional morality dan post-convensional morality. Sedangkan aspek kemampuan, dalam berkomunikasi, bersosialisasi atau perbedaan kognitif.
B.     Labeling
Setiap anak memiliki sekumpulan talenta, kemampuan, dan keterbatasan yang khas. Sebagai contoh mereka mungkin memiliki kemampuan dan talenta yang khusus, disabilitas belajar, gangguan komunikasi, gangguan emosional atau perilaku, disabilitas intelektual, disabilitas fisik, penglihatan atau kesulitan mendengar, autisme, cedera otak traumatik, atau kombinasi tertentu dari suatu keadaan. Disability adalah ketidakmampuan untuk melakukan sesuatu yang spesifik, misalnya melihat atau berjalan sedangkan handicap (kecacatan) adalah keadaan yang kurang menguntungkan dalam situasi-situasi tertentu.   
C.    Hekekat Perbedaan Individu
1.      Perbedaan Inteligency (Kecerdasan)
Bentuk nyata perbedaan anak adalah dengan memeriksa hasil pencapaian dalam tes standar. Contohnya, murid dalam posisi puncak di suatu kelompok biasanya mampu belajar dengan cepat. Sementara dalam posisi rendah di dalam kelas biasanya merupakan pelajaran yang lambat. Posisi tengah-tengah, sekitar 50% memiliki kemampuan yang merata dalam pencapaian. Intelegasi dapat diukur melalui tes individu dan kelompok.
Anak-anak berbeda dalam tingkat kecerdasannya, dapat juga diukur dengan menggunakan tes IQ. Namun, validitas tes IQ merupakan subjek yang masih diperdebatkan secara terus-menerus dan adanya ktitikan.
2.      Perbedaan Gaya Pembelajaran
Menurut Woolfolk (2008) cara seseorang mendekati learning dan studying adalah learning style. Learning style adalah cara khas seseorang dalam mendekati learning dan studying sedangkan preferensi pembelajaran adalah preferensi individual untuk cara pembelajaran dan lingkungan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa belajar dalam setting dan cara yang mereka lebih sukai, tetapi kebanyakan penelitian tidak menunjukkan adanya manfaat.
3.      Perbedaan Kepribadian dan Temperamen
Kepribadian merujuk pada pemikiran, emosi, dan perilaku tersendiri yang menggambarkan cara individu beradaptasi dengan dunia sedangkan temperamen merujuk pada gaya perlakuan dan cara khas seseorang dalam memberikan respon.
D.    Dampak Perbedaan Terhadap Pembelajaran
Perbedaannya dalam tingkat kinerja, kecepatan belajar dan gaya belaja, kesukuan, budaya, kelas sosial, bahasa dalam keluarga, dan jender. Beberapa menderita cacat dan beberapa berbakat dalam satu bidang atau lebih. Perbedaan itu dapat mempunyai implikasi penting bagi pengajaran, kurikulum dan kebijakan serta praktek sekolah. Perbedaan-perbedaan diatas akan mempengaruhi proses pengajaran dan pembelajaran di sekolah.
E.     Pendidikan Multikultural
Bank (Slavin, 2008) mendefinisikan pendidikan multikultural adalah gagasan yang menyebutkan bahwa semua siswa, tanpa peduli dari kelompok maupun, seperti kelompok yang terkait jender, suku bangsa, ras, budaya, kelas sosial, agama, atau pengecualian, seharusnya mengalami kesetaraan pendidikan disekolah. Ada lima dimensi utama pendidikan multicultural : intelegensi isi, konstruksi pengetahuan, pengurangan prasangka, pedagogi keadilan dan budaya sekolah yang memperdayakan.

Tgl 19 Mei 2015

Dirgantara Wicaksono

1 komentar:

  1. Wynn Casino, LLC. Profile | DrmCD
    Wynn Casino, LLC. 천안 출장안마 Hotel 파주 출장샵 is 당진 출장안마 a Hotel and Resort, in Las Vegas, Nevada. 제주도 출장샵 The hotel is located on the west end of the Las Vegas Strip and is located on 의왕 출장마사지

    BalasHapus